Perjalanan Kerta Api Berangsur Normal Usai Banjir Surut di Jalur Semarang Tawang–Alastua
INAPOS, KOTA CIREBON.- Perjalanan kereta api mulai kembali normal setelah banjir yang sempat merendam jalur rel di petak jalan Semarang Tawang – Alastua pada Km 2+300 hingga 4+500 berangsur surut.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon memastikan, operasional kereta kini sudah bisa dilalui lokomotif biasa meski dengan kecepatan terbatas.
“Alhamdulillah, mulai tadi malam setelah banjir surut dan upaya penanganan untuk normalisasi jalur rel akibat genangan air, jalur hulu sudah bisa dilalui kereta api menggunakan lokomotif biasa dengan kecepatan terbatas. Sebelumnya jalur hanya dapat dilalui menggunakan lokomotif Diesel Hidrolik BB 304,” ujar Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, Kamis (30/10/25).
Meski jalur telah bisa digunakan, kepadatan lintas masih terjadi karena sejumlah kereta api yang tertahan di wilayah terdampak mulai kembali melintas. Menurut Muhibbuddin, petugas terus melakukan pengaturan dan penguraian kepadatan hingga seluruh jadwal perjalanan dapat kembali normal.
“Kondisi perjalanan dari malam hingga pagi ini masih mengalami antrian di beberapa titik. Namun secara bertahap, lintas akan kembali normal,” jelasnya.
Untuk mempercepat pemulihan, KAI terus melakukan normalisasi jalur, termasuk penambahan balas dan pemadatan struktur rel guna memperkuat pondasi serta pembersihan saluran drainase di kanan dan kiri rel agar aliran air tidak kembali menggenang.
Sebelumnya, selama banjir melanda, KAI Daop 3 Cirebon memberlakukan pola operasi memutar dari jalur utara ke jalur selatan serta melakukan pengalihan penumpang menggunakan bus menuju tujuan akhir. Selain itu, pelanggan yang membatalkan perjalanan juga mendapatkan pengembalian bea tiket 100 persen.
“KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf atas gangguan layanan dan keterlambatan yang terjadi akibat banjir ini. Kami berterima kasih atas kesabaran dan pengertian para pelanggan. Petugas di lapangan akan terus memantau kondisi agar perjalanan kereta api tetap aman dan lancar,” tutup Muhibbuddin.
Ia menegaskan bahwa keselamatan dan kenyamanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama KAI.
Sebagai langkah antisipasi ke depan, KAI juga mengimbau pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email cs@kai.id, serta akun resmi media sosial @KAI121 di Instagram, X (Twitter), dan Facebook yang telah terverifikasi.
Reporter: Kris
Editor: Redaksi Inapos

 
			 
							 
							 
							 
							